Senin, 18 April 2011

EMPAT PINTU MASUK MAKSIAT PADA MANUSIA


EMPAT PINTU MASUK MAKSIAT PADA MANUSIA
Sebagian besar maksiat itu terjadi pada seseorang, melalui empat pintu yakni"
Al Khatharat (pikiran yang terlintas di benak ),
Al Lafazhat (ungkapan yang diucapkan ),
Al Khuthuwat (langkah nyata untuk sebuah perbuatan ).
Sekarang, marilah kita ikuti pembahasan tentang salah satu dari empat pintu tersebut di bawah ini :

1- Al Lahazhat ( Pandangan pertama).
Yang satu ini bisa dikatakan sebagai ‘provokator’ syahwat, atau ‘utusan’ syahwat. Oleh karenanya, menjaga pandangan merupakan pokok dalam usaha menjaga kemaluan. Maka barang siapa yang melepaskan pandangannya tanpa kendali, niscaya dia akan menjerumuskan dirinya sendiri pada jurang kebinasaan.

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Sallam bersabda:
" لا تتبع النظرة النظرة، فإنما لك الأولى وليست لك الأخرى ".
“Janganlah kamu ikuti pendangan (pertama) itu dengan pandangan (berikutnya). Pandangan(pertama) itu boleh buat kamu, tapi tidak dengan pandangan selanjutnya.” ( HR. At Turmudzi,hadits hasan ghorib ).

Dan di dalam musnad Imam Ahmad, diriwayatkan
dari Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Sallam ,
beliau bersabda :
" النظرة سهم مسموم من سهام إبليس، فمن غض بصره عن محاسن
امرأة لله أورث الله قلبه حلاوة إلى يوم يلقاه ".
“Pandangan itu adalah panah beracun dari panah panah iblis. Maka barang siapa yang memalingkanpandangannya dari kecantikan seorang wanita,ihlas karena Allah semata, maka Allah akanmemberikan di hatinya kelezatan sampai padahari kiamat.”
( HR. Ahmad )..

Beliau juga bersabda :
" غضوا أبصاركم واحفظوا فروجكم ".
“Palingkanlah pandangan kalian, dan jagalahkemaluan kalian.” (HR. At Thobrani dalam Almu’jam al kabir ).

Dalam hadits lain beliau bersabda :
" إياكم والجلوس على الطرقات، قالوا : يا رسول الله, مجالسنا، ما
لنا بد منها. قال : فإن كنتم لا بد فاعلين فأعطوا الطريق حقه، قالوا
: وما حقه ؟ قال : غض البصر وكف الأذى ورد السلام ".
“Janganlah kalian duduk duduk di ( tepi ) jalan”,
mereka berkata : “ya Rasulallah, tempat tempat duduk kami pasti di tepi jalan”, beliau bersabda :
“Jika kalian memang harus melakukannya, maka hendaklah memberikan hak jalan itu”, mereka bertanya : “Apa hak jalan itu ?”, beliau menjawab: “Memalingkan pandangan ( dari hal hal yangdilarang Allah, pent.), menyingkirkan gangguan,dan menjawab salam.” ( HR. Muslim ).

Pandangan adalah asal muasal seluruh musibah yang menimpa manusia. Sebab, pandangan itu akan melahirkan lintasan dalam benak, kemudian lintasan itu akan melahirkan pikiran, dan pikiran itulah yang melahirkan syahwat, dan dari syahwat itu timbullah keinginan, kemudian keinginan itu menjadi kuat, dan berubah menjadi niat yang bulat. Akhirnya apa yang tadinya melintas dalam pikiran menjadi kenyataan, dan itu pasti akan terjadi selama tidak ada yang menghalanginya.Oleh karena itu, dikatakan oleh sebagian ahli hikmah bahwa “bersabar dalam menahan pandangan mata ( bebannya ) adalah lebih ringan dibanding harus menanggung beban penderitaan yang ditimbulkannya.”

Seorang penyair mengatakan :
كل الحوادث مبداها من النظر *** ومعظم النار من مستصغر الشرر
كم نظرة بلغت من قلب صاحبها *** كمبلغ السهم بين القوس والوبر
والعبد ما دام ذا طرف يقلبه ***في أعين الغير موقوف على الخطر
يسر مقلته ما ضر مهجته *** لا مرحبا بسرور عاد بالضرر

- Setiap kejadian musibah itu bermula dari pandangan, seperti kobaran api berasal dari percikan api yang kecil.
- Betapa banyak pandangan yang berhasil menembus kedalam hati pemiliknya, seperti
tembusnya anak panah yang dilepaskan dari busur dan talinya.
- Seorang hamba, selama dia masih mempunyai kelopak mata yang digunakan untuk memandang orang lain, maka dia berada pada posisi yang membahayakan.
- ( Dia memandang hal hal yang ) menyenangkan matanya tapi membahayakan jiwanya, maka janganlah kamu sambut kesenangan yang akan membawa malapetaka.Diantara bahaya pandangan Pandangan yang dilepaskan begitu saja itu akan menimbulkan perasaan gundah, tidak tenang dan hati yang terasa dipanas panasi. Seseorang bisa saja melihat sesuatu, yang sebenarnya dia tidak mampu untuk melihatnya secara keseluruhan, karena dia tidak sabar untuk melihatnya. Tentumerupakan siksaan yang berat pada batin anda,bila ternyata anda melihat sesuatu yang anda sendiri tidak bisa sabar untuk tidak melihatnya, walaupun sebagian dari sesuatu tersebut, namun
anda juga tidak mampu untuk melihatnya.


Seorang penyair berkata :
وكنت متى أرسلت طرفك رائدا لقلبك يوما أتعبتك المناظر
رأيت الذي لا كله أنت قادر عليه ولا عن بعضه أنت صابر
- Bila – suatu hari – engkau lepaskan pandangan matamu mencari ( mangsa ) untuk hatimu,niscaya apa apa yang dipandangnya akan melelahkan ( menyiksa ) diri kamu sendiri.
- Engkau melihat sesuatu yang engkau tidakmampu untuk melihatnya secara keseluruhan dan engkau juga tidak bisa bersabar untuk tidak melihat ( walau hanya ) sebagian dari sesuatu itu.

Lebih jelasnya, bait syair di atas maksudnya :
engkau akan melihat sesuatu yang engkau tidak sabar untuk tidak melihatnya walaupun sedikit,
namun saat itu juga engkau tidak mampu untuk melihatnya sama sekali walaupun hanya sedikit.
Betapa banyak orang yang melepaskan pandangannya tanpa kendali, akhirnya dia binasa
dengan pandangan pandangan itu sendiri.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang penyair :
يا ناظرا ما أقلعت لحظاته حتى تشحط بينهن قتيلا
Wahai orang yang memandang, tidaklah dia
sampai tuntas menyelesaikan pandangannya,
sehingga dia sendiri akan menjauh dan jatuh
binasa karena pandangan pandangannya sendiri.
Ada untaian bait lain yang mengatakan :
مل السلامة فاغتدت لحظاته وقفا على طلل يظن جميلا
ما زال يتبع إثرة لحظاته حتى تشحط بينهن قتيلا
- (Mungkin) dia sudah bosan selamat, sehingga
dia biarkan pandangannya menyaksikan apa yang
menurutnya indah.
- Begitulah ; dia terus melanjutkan satu pandangan dengan pandangan yang lain, sehingga ahirnya dia menjauh dan jatuh binasa karena pandangan pandangannya sendiri.
Suatu hal yang lebih mengherankan, yaitu bahwa pandangan yang dilakukan oleh seseorang itu merupakan anak panah yang tidak pernah mengena pada sasaran yang dipandang,sementara anak panah itu benar benar mengena di hati orang yang memandang.
Ada untaian bait syair yang mengatakan :
يا راميا سهام اللحظ مجتهدا أنت القتيل بما ترمي فلا تصب
وباعث الطرف يرتاد الشفاء له احبس رسولك لا يأتيك بالعطب

- wahai orang yang dengan sungguh sungguhme lempar anak panah pandangannya, engkaulah
sebenarnya yang menjadi korban dari apa yang kamu lempar itu dan engkau tidak berhasil membidik orang yang engkau pandang.
- Dan orang yang melepas pandangannya dia akan kehilangan kesehatannya. ( oleh karena itu )tahanlah pandanganmu, agar tidak mendatangkan musibah kepadamu.
Suatu hal yang lebih mengherankan lagi, yaitu bahwa satu pandangan (padahal yang dilarang )
itu dapat melukai hati dan (dengan pandangan
yang baru ) berarti dia menoreh luka baru di atas luka lama ; namun ternyata derita yang ditimbulkan oleh luka luka itu tak mencegahnya untuk kembali terus menerus melukainya.
ما زلت تتبع نظرة في نظرة في إثر كل مليحة ومليح
وتظن ذاك دواء جرحك وهو في ال تحقيق تجريح على تجريح
فذبحت طرفك باللحاظ وبالبكاء فالقلب منك ذبيح أي ذبيح
- Kau senantiasa mengikutkan satu pandangandengan pandanganlainnya untuk menyaksikan (wanita ) cantik dan ( pria ) tampan.
- Dan kau mengira bahwa itu dapat mengobatiluka ( syahwat )mu, padahal dengan itu berartikau menoreh luka di atas luka.
- Kau korbankan matamu dengan pandangan dan tangisan, sementara hatimu juga ( menjerit seperti ) disembelih habis habisan.Oleh karena itu dikatakan : “sesungguhnyamenahan pandangan hatimu itu lebih mudah dariada menahan langgengnya penyesalan.”

EMPAT PINTU MASUK MAKSIAT PADA MANUSIA
Sebagian besar maksiat itu terjadi pada seseorang, melalui empat pintu yakni"
Al Khatharat (pikiran yang terlintas di benak ),
Al Lafazhat (ungkapan yang diucapkan ),
Al Khuthuwat (langkah nyata untuk sebuah perbuatan ).
Sekarang, marilah kita ikuti pembahasan tentang salah satu dari empat pintu tersebut di bawah ini :

1- Al Lahazhat ( Pandangan pertama).
Yang satu ini bisa dikatakan sebagai ‘provokator’ syahwat, atau ‘utusan’ syahwat. Oleh karenanya, menjaga pandangan merupakan pokok dalam usaha menjaga kemaluan. Maka barang siapa yang melepaskan pandangannya tanpa kendali, niscaya dia akan menjerumuskan dirinya sendiri pada jurang kebinasaan.

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Sallam bersabda:
" لا تتبع النظرة النظرة، فإنما لك الأولى وليست لك الأخرى ".
“Janganlah kamu ikuti pendangan (pertama) itu dengan pandangan (berikutnya). Pandangan(pertama) itu boleh buat kamu, tapi tidak dengan pandangan selanjutnya.” ( HR. At Turmudzi,hadits hasan ghorib ).

Dan di dalam musnad Imam Ahmad, diriwayatkan
dari Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Sallam ,
beliau bersabda :
" النظرة سهم مسموم من سهام إبليس، فمن غض بصره عن محاسن
امرأة لله أورث الله قلبه حلاوة إلى يوم يلقاه ".
“Pandangan itu adalah panah beracun dari panah panah iblis. Maka barang siapa yang memalingkanpandangannya dari kecantikan seorang wanita,ihlas karena Allah semata, maka Allah akanmemberikan di hatinya kelezatan sampai padahari kiamat.”
( HR. Ahmad )..

Beliau juga bersabda :
" غضوا أبصاركم واحفظوا فروجكم ".
“Palingkanlah pandangan kalian, dan jagalahkemaluan kalian.” (HR. At Thobrani dalam Almu’jam al kabir ).

Dalam hadits lain beliau bersabda :
" إياكم والجلوس على الطرقات، قالوا : يا رسول الله, مجالسنا، ما
لنا بد منها. قال : فإن كنتم لا بد فاعلين فأعطوا الطريق حقه، قالوا
: وما حقه ؟ قال : غض البصر وكف الأذى ورد السلام ".
“Janganlah kalian duduk duduk di ( tepi ) jalan”,
mereka berkata : “ya Rasulallah, tempat tempat duduk kami pasti di tepi jalan”, beliau bersabda :
“Jika kalian memang harus melakukannya, maka hendaklah memberikan hak jalan itu”, mereka bertanya : “Apa hak jalan itu ?”, beliau menjawab: “Memalingkan pandangan ( dari hal hal yangdilarang Allah, pent.), menyingkirkan gangguan,dan menjawab salam.” ( HR. Muslim ).

Pandangan adalah asal muasal seluruh musibah yang menimpa manusia. Sebab, pandangan itu akan melahirkan lintasan dalam benak, kemudian lintasan itu akan melahirkan pikiran, dan pikiran itulah yang melahirkan syahwat, dan dari syahwat itu timbullah keinginan, kemudian keinginan itu menjadi kuat, dan berubah menjadi niat yang bulat. Akhirnya apa yang tadinya melintas dalam pikiran menjadi kenyataan, dan itu pasti akan terjadi selama tidak ada yang menghalanginya.Oleh karena itu, dikatakan oleh sebagian ahli hikmah bahwa “bersabar dalam menahan pandangan mata ( bebannya ) adalah lebih ringan dibanding harus menanggung beban penderitaan yang ditimbulkannya.”

Seorang penyair mengatakan :
كل الحوادث مبداها من النظر *** ومعظم النار من مستصغر الشرر
كم نظرة بلغت من قلب صاحبها *** كمبلغ السهم بين القوس والوبر
والعبد ما دام ذا طرف يقلبه ***في أعين الغير موقوف على الخطر
يسر مقلته ما ضر مهجته *** لا مرحبا بسرور عاد بالضرر

- Setiap kejadian musibah itu bermula dari pandangan, seperti kobaran api berasal dari percikan api yang kecil.
- Betapa banyak pandangan yang berhasil menembus kedalam hati pemiliknya, seperti
tembusnya anak panah yang dilepaskan dari busur dan talinya.
- Seorang hamba, selama dia masih mempunyai kelopak mata yang digunakan untuk memandang orang lain, maka dia berada pada posisi yang membahayakan.
- ( Dia memandang hal hal yang ) menyenangkan matanya tapi membahayakan jiwanya, maka janganlah kamu sambut kesenangan yang akan membawa malapetaka.Diantara bahaya pandangan Pandangan yang dilepaskan begitu saja itu akan menimbulkan perasaan gundah, tidak tenang dan hati yang terasa dipanas panasi. Seseorang bisa saja melihat sesuatu, yang sebenarnya dia tidak mampu untuk melihatnya secara keseluruhan, karena dia tidak sabar untuk melihatnya. Tentumerupakan siksaan yang berat pada batin anda,bila ternyata anda melihat sesuatu yang anda sendiri tidak bisa sabar untuk tidak melihatnya, walaupun sebagian dari sesuatu tersebut, namun
anda juga tidak mampu untuk melihatnya.


Seorang penyair berkata :
وكنت متى أرسلت طرفك رائدا لقلبك يوما أتعبتك المناظر
رأيت الذي لا كله أنت قادر عليه ولا عن بعضه أنت صابر
- Bila – suatu hari – engkau lepaskan pandangan matamu mencari ( mangsa ) untuk hatimu,niscaya apa apa yang dipandangnya akan melelahkan ( menyiksa ) diri kamu sendiri.
- Engkau melihat sesuatu yang engkau tidakmampu untuk melihatnya secara keseluruhan dan engkau juga tidak bisa bersabar untuk tidak melihat ( walau hanya ) sebagian dari sesuatu itu.

Lebih jelasnya, bait syair di atas maksudnya :
engkau akan melihat sesuatu yang engkau tidak sabar untuk tidak melihatnya walaupun sedikit,
namun saat itu juga engkau tidak mampu untuk melihatnya sama sekali walaupun hanya sedikit.
Betapa banyak orang yang melepaskan pandangannya tanpa kendali, akhirnya dia binasa
dengan pandangan pandangan itu sendiri.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang penyair :
يا ناظرا ما أقلعت لحظاته حتى تشحط بينهن قتيلا
Wahai orang yang memandang, tidaklah dia
sampai tuntas menyelesaikan pandangannya,
sehingga dia sendiri akan menjauh dan jatuh
binasa karena pandangan pandangannya sendiri.
Ada untaian bait lain yang mengatakan :
مل السلامة فاغتدت لحظاته وقفا على طلل يظن جميلا
ما زال يتبع إثرة لحظاته حتى تشحط بينهن قتيلا
- (Mungkin) dia sudah bosan selamat, sehingga
dia biarkan pandangannya menyaksikan apa yang
menurutnya indah.
- Begitulah ; dia terus melanjutkan satu pandangan dengan pandangan yang lain, sehingga ahirnya dia menjauh dan jatuh binasa karena pandangan pandangannya sendiri.
Suatu hal yang lebih mengherankan, yaitu bahwa pandangan yang dilakukan oleh seseorang itu merupakan anak panah yang tidak pernah mengena pada sasaran yang dipandang,sementara anak panah itu benar benar mengena di hati orang yang memandang.
Ada untaian bait syair yang mengatakan :
يا راميا سهام اللحظ مجتهدا أنت القتيل بما ترمي فلا تصب
وباعث الطرف يرتاد الشفاء له احبس رسولك لا يأتيك بالعطب

- wahai orang yang dengan sungguh sungguhme lempar anak panah pandangannya, engkaulah
sebenarnya yang menjadi korban dari apa yang kamu lempar itu dan engkau tidak berhasil membidik orang yang engkau pandang.
- Dan orang yang melepas pandangannya dia akan kehilangan kesehatannya. ( oleh karena itu )tahanlah pandanganmu, agar tidak mendatangkan musibah kepadamu.
Suatu hal yang lebih mengherankan lagi, yaitu bahwa satu pandangan (padahal yang dilarang )
itu dapat melukai hati dan (dengan pandangan
yang baru ) berarti dia menoreh luka baru di atas luka lama ; namun ternyata derita yang ditimbulkan oleh luka luka itu tak mencegahnya untuk kembali terus menerus melukainya.
ما زلت تتبع نظرة في نظرة في إثر كل مليحة ومليح
وتظن ذاك دواء جرحك وهو في ال تحقيق تجريح على تجريح
فذبحت طرفك باللحاظ وبالبكاء فالقلب منك ذبيح أي ذبيح
- Kau senantiasa mengikutkan satu pandangandengan pandanganlainnya untuk menyaksikan (wanita ) cantik dan ( pria ) tampan.
- Dan kau mengira bahwa itu dapat mengobatiluka ( syahwat )mu, padahal dengan itu berartikau menoreh luka di atas luka.
- Kau korbankan matamu dengan pandangan dan tangisan, sementara hatimu juga ( menjerit seperti ) disembelih habis habisan.Oleh karena itu dikatakan : “sesungguhnyamenahan pandangan hatimu itu lebih mudah dariada menahan langgengnya penyesalan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar